Kisah Awal Mula Topeng Ireng



SLEMAN – Kesenian ini mengambarkan tentang kehidupan orang-orang pedalaman dengan tradisi hidup dengan alam. Gerakan dari berbasic pada kesenian kobro siswo yang terdiri dari tujuh adegan salah satunya dayakkan yang diadopsi dari kehidupan orang Kalimantan pedalaman.

Kelompok kesenian topeng ireng dusun Petung sendiri memeiliki 200 orang anggota yang bermata pencaharian tetap sebagai pedagang, petani, peternak dengan inkam yang tidak pasti. Kesenian ini telah melakukan pentas di seluruh Pulau Jawa.

Sekali pentas minimal 20 orang anggota yang kami sertakan, jika menampilkan sebuah kolosal maka bisa sampai 40 orang, hasil dana yang masuk langsung masuk kas kelompok untuk menutupi semua biaya operasional, jika ada kelebihannya baru dibagikan ke semua anggota kelompok” tutur Herman Widi (32) koordinator kesenian topeng ireng dusun Petung, Pakis, Magelang saat di temui N-news di Festival Seni Internasional.

Rasa kecintaan serta semangat para anggotalah yang telah melestarikan kesenian topeng ireng. danar wulandari [nasarinews.com]


1 Response to "Kisah Awal Mula Topeng Ireng"

  1. sip, mg2 bs dpt update berita ttg topeng ireng trs.. :)

Poskan Komentar

Suport By Ramadhan