Topeng Ireng Meriahkan Pembukaan FSI 2008


(Sleman, 15/07/08) Festival Seni Internasional 2008 yang akan berlangsung pada tanggal 15 – 19 Juli mendatang secara resmi telah dibuka oleh Mendiknas Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA. Upacara pembukaan yang berlangsung di lapangan halaman PPPPTK Seni Budaya tersebut dimulai sekitar pukul 15.00. Setengah jam sebelum upacara dimulai dimeriahkan dengan penampilan Kesenian Grasak dari Magelang. Para pengunjung nampak cukup terkesima dengan atraksi kesenian yang ditampilkan. Hal ini terlihat banyaknya pengunjung yang berjubel yang sudah mulai memadati lapangan sejak lepas duhur. Ketika acara kesenian digelar tidak sedikit pengunjung dan insan pers mengabadikan momen tersebut melalui kamera yang mereka bawa.
Kesenian Grasak merupakan bentuk kesenian kolosal yang melibatkan banyak penari yang hidup dan berkembang di daerah Magelang. Kata Grasak diambil dari istilah pedalangan yang berarti tokoh yang berwatak kasar, kejam dan bengis yang merupakan simbol keangkaramurkaan manusia. Sajian seni Grasak menggambarkan pasukan raksasa yang sedang latihan perang dan dipimpin oleh raksasa cakil. Gerak tariannya bersifat dinamis dan atraktif dengan mengambil pola yang berbasis pada seni kerakyatan.

Setelah kesenian Grasak usai tampil, rombongan mendiknas datang. Kedatangan Mendiknas Bambang Sudibyo yang hadir didampingi istrinya disambut dengan tarian Topeng Ireng yang juga ditarikan oleh para penari dari Magelang. Tari Topeng Ireng merupakan bentuk kesenian kreasi baru, namun masih berbasis pada seni kerakyatan seperti halnya Grasak. Meskipun Topeng Ireng berkembang di daerah Magelang namun ternyata kemunculan tarian tersebut banyak diilhami oleh bentuk kesenian yang berada pada suku Dayak di Kalimantan. Hal ini nampak jelas terlihat pada motif dan bentuk kostum yang dikenakan, tabuhan musik, dan bentuk gerakan tarinya. (***)[www.pppgkes.com]

0 Response to "Topeng Ireng Meriahkan Pembukaan FSI 2008"

Posting Komentar

Suport By Ramadhan